Kamis, 26 Januari 2012

IPL Akan Gunakan Wasit Asing

Demi meningkatkan kualitas Indonesian Premier League (IPL), PSSI berencana akan mendatangkan wasit asing untuk memimpin pertandingan, terutama laga big match yang rawan mengundang kericuhan.

Deputi Sekjen Bidang Kompetisi PSSI, Saleh Mukadar mengungkapkan dalam waktu dekat pihaknya segera mendatangkan sekitar empat sampai lima wasit dari luar negeri baik dari Eropa maupun Asia. paling cepat rencana itu bisa terealisasi pada pertengahan musim kompetisi.

"Wasit asing akan kami turunkan jika ada pertandingan dengan tensi tinggi seperti Arema dan Persebaya," kata Saleh di kantor PSSI, Kamis (26/1/2012).

Laga big match biasanya akan disiarkan langsung oleh televisi. Tak hanya itu, puluhan ribu penonton dipastikan akan memadati stadion mengingat klub seperti Arema dan Persebaya memiliki suporter fanatik. Oleh karena itu, keberadaan wasit asing yang tegas dan fairplay diharapkan bisa meredam kekisruhan tersebut.

"Wasit dari Eropa dari segi kualitas jauh lebih baik," imbuhnya.

Beberapa negara pun telah dibidik. Di Eropa, PSSI lebih melirik wasit-wasit dari Jerman. Sementara wasit dari Australia dan Jepang juga menjadi alternatif mewakili Asia yang akan memimpin IPL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar