Senin, 23 Januari 2012

‎"Digadang jadi Bintang, Rigan Agachi Terkendala ITC"

Ketika awal terbentuknya tim Arema IPL asuhan Milomir Seslija, ada satu pemain yang digadang-gadang bakal menjadi bintang. Dia adalah Rigan Agachi. Maklum, karena sebelum bergabung skuad Arema IPL, Rigan pernah menjadi pemain PSV Eindhoven Junior. Bahkan ia menyandang sebagai kapten di tim elit Belanda itu.

Namun hingga laga keempat, belum sekalipun pemain asal Jakarta itu tampil. Bahkan masuk dalam line up pun belum pernah. dan ternyata ia tidak bisa tampil karena terkendala ITC (International Transfer Certificate) yang belum beres.

ITC atau semacam surat keluar dari klub lama menjadi syarat wajib bagi pemain yang sebelumnya tampil tim luar negeri. Dan hingga kini Rigan masih belum mengantongi ITC dari VV Geldrop, klub yang ia bela sebelum ke Arema IPL.

Manajer Arema IPL, Irwan Santoso mengatakan, ITC Rigan tidak bisa keluar karena klub yang terakhir dibela Rigan sebelum hijrah ke Arema IPL itu tidak terdaftar dalam Transfer Matching System (TMS) FIFA (otoritas tertinggi sepakbola dunia). "Klubnya, VV Geldrop tidak terdaftar di TMS," ujar Irwan.

Seperti diketahui, VV Geldrop merupakan tim anggota Eerste Klasse atau kasta kelima Liga Belanda. Dalam data FIFA sendiri, saat ini terdaftar 4.600 klub dari seluruh dunia. VV Geldrop tidak masuk di dalamnya.
"Jadi solusinya, Rigan harus mengurus ITC/TMS di klub yang ia bela sebelum VV Geldrop," ujar Irwan.

Klub Rigan sebelum Geldrop adalah Helmond Sport, tim kasta kedua Liga Belanda, yang jelas sudah terdaftar di TMS FIFA.

Lebih lanjut, Irwan mengatakan, ITC untuk Rigan tidak harus menunggu sampai putaran kedua. "Kami berharap itu bisa segera selesai," ujar dia.

Namun yang jelas, Rigan tidak akan bermain dalam waktu dekat ini. Sebab, pengurusan TMS FIFA secara online saat ini sedang ditutup dan baru dibuka mulai 1 Februari mendatang ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar