Kamis, 26 Januari 2012

Irfan Bachdim Berpeluang Bela Timnas

Bomber Persema Malang Irfan Bachdim akan kembali membela tim nasional (timnas) Indonesia di Pra- Piala Dunia (PPD). Irfan, yang sebelumnya dijatuhi sanksi Komisi Disiplin (Komdis) PSSI, dinyatakan sudah melakukan pemutihan dengan membayar kompensasi.

Timnas Indonesia sendiri akan menjalani laga terakhir di PPD Zona Asia Grup E kontra Bahrain,29 Februari mendatang. Walaupun sudah tertutup peluang untuk melaju ke tahap selanjutnya,timnas yang sudah lima kali kalah tetap berusaha untuk memberikan perlawanan di partai terakhirnya. Tim yang saat ini ditukangi Aji Santoso itu konon sudah mengantongi 10 nama pemain yang sudah didaftarkan ke AFC dan FIFA.

Nama Irfan diprediksi menjadi salah satunya dan bergabung dengan nama-nama pemain timnas U-23,seperti Andik Vermansyah,Kurnia Meiga,Diego Michiels, Gunawan Dwi Cahyo,Ferdinand Sinaga, Abdulrahman. Sebelumnya, Irfan dijatuhi hukuman sanksi oleh Komdis PSSI karena beberapa kali tidak memenuhi panggilan mengikuti pemusatan latihan (TC) timnas U-23 SEA Games XXVI/2011 arahan Pelatih Rahmad ’RD’ Darmawan.

Saat itu, Irfan yang diduga sibuk beraktivitas di luar kegiatannya sebagai pemain sepak bola dijatuhi hukuman tiga bulan tidak boleh beraktivitas sepak bola di lingkungan PSSI. Namun,hukuman itu sudah diputihkan sejak sang pemain blasteran Belanda- Indonesia tersebut menjalani proses banding ke Komite Banding (Komding) PSSI.Hukuman Irfan pun hanya dibebankan tidak boleh bermain sepak bola di lingkungan PSSI dalam beberapa pertandingan.

Kini,Irfan juga dinyatakan ’’bebas’’ dari hukuman setelah membayar Rp100 juta untuk pemutihan. “Proses sanksi Irfan sudah diajukan ke Komite Banding.Dia hanya didenda tidak bisa bermain di beberapa pertandingan. Selain itu,Irfan juga sudah membayar sanksi berupa uang sebesar Rp100 juta,” ungkap Ketua Komdis Benhard Limbong. Limbong yang bertugas sebagai penanggung jawab timnas Indonesia ini juga menyatakan,nama Irfan sudah dimasukkan 10 pemain yang sudah pasti bergabung.

Dia dinilai layak karena pemain ini memang sempat bersinar pada awal-awal kariernya membela panji-panji Merah Putih di Piala AFF 2010.Selain itu,usia Irfan yang masih muda juga jadi salah satu pertimbangan masuk tim PPD. Sementara untuk mendapatkan delapan pemain lain untuk melengkapi kuota 18 pemain yang sudah ditetapkan,PSSI akan mencarinya lewat seleksi terhadap 30 pemain yang tergabung di klub-klub Indonesian Premier League (IPL).

Proses seleksi rencananya digelar di Cibubur,mulai Senin (30/1) dan langsung dipimpin sang pelatih,Aji. “Coach Aji akan melakukan pekerjaan tidak mudah untuk mendapatkan tambahan delapan pemain dari 30 pemain yang menjalani seleksi.Apalagi,saya menilai banyak talenta-talenta muda sepak bola Indonesia yang belum terjamah.Semoga saja dengan adanya proses penyaringan ini kami kembali mendapatkan pemain-pemain bagus,”papar Limbong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar