Selasa, 01 November 2011

"Juara Semua Liga Akan Dipertemukan"

Kementerian Pemuda dan Olahraga akan menggelar turnamen yang akan mempertemukan juara-juara liga sepak bola usia dini yang telah digelar di Indonesia. Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Malarangeng mengatakan, turnamen antarjuara ini akan digelar sebagai tindak lanjut berbagai turnamen yang sudah digelar, baik oleh perorangan, perusahaan, maupun organisasi.

"K...ami sekarang memang mempunyai program membuat kejuaraan antar para juara. Sekarang banyak sekali tim yang bagus yang dikumpulkan dari seluruh Indonesia yang menjadi juara dalam berbagai turnamen. Misalnya, seperti Yamaha Cup di tingkat ASEAN, Danone Cup di tingkat dunia, ada Gothia Cup di Swedia, ada juga di dalam negeri seperti Liga Pendidikan Indonesia, Kompas Cup, dan Popnas. Juara-juaranya ini perlu kita adakan turnamen sehingga mereka ini semakin terasah dengan yang selevel dengan mereka," ujarnya di kantor Menpora, Selasa (1/11/2011).

Andi mengatakan, kejuaraan ini sudah pernah diujicobakan pada awal tahun. Tahun depan, Andi berencana menggelarnya kembali sekitar Januari atau Februari. Pasalnya, turnamen atau kompetisi oleh pihak swasta baru akan selesai pada akhir tahun.

Andi juga mengatakan, kompetisi antarjuara ini rencananya difokuskan pada level U-15, tetapi tidak tertutup kemungkinan juga untuk U-16 dan U-17. Turnamen ini bisa menunjukkan gaya permainan profesional dari bibit-bibit muda ini.

"Kemudian PSSI tinggal memantau yang baik dan bisa dijadikan sebagai pemain timnas kita untuk masing-masing kelompok umur," ujarnya.

Andi bersyukur bahwa banyak perusahaan dan organisasi yang ikut memberikan perhatian pada perkembangan sepak bola di usia muda. Menurutnya, hasil kompetisi ini jika ditindaklanjuti dengan baik baru akan terlihat dalam 5-10 tahun mendatang. Oleh karena itu, pelatihan dan kompetisi yang konsisten sangat diperlukan.

Selain menggelar kompetisi antarjuara, Kemenpora juga akan berupaya mencari para pemain potensial untuk kemudian direkomendasikan mengikuti pelatihan dan kompetisi tingkat
internasional ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar