Rabu, 09 November 2011

"Rahmad Temukan Jurus Jitu Taklukkan Singapura"



Pelatih Timnas U-23 Rahmad Darmawan ternyata telah memiliki jurus jitu untuk menghadapi Singapura dalam laga lanjutan di Grup A Sea Games XXVI 11 November mendatang. Rahmad menilai Patrich Wanggai akan bisa mengatasi Singapura jika mereka bermain telaten dan sabar.

"Menghadapi mereka perlu kesabaran yang esktra dari pemain untuk kapan meninggalkan... posisinya dan kapan dia mengambil posisi yang bisa membantu serangan, ini yang akan saya tekankan," kata RD

Rahmad mengaku mengamati permainan Singapura saat mereka melawan Malaysia. Dalam laga tersebut, Singapura mempraktekkan transisi formasi yang luar biasa dari pola 3-4-3 menjadi 5-4-1. "Ketika bertahan 5-4-1," kata Rahmad.

Dengan dua skema permainan itu, Rahmad melanjutkan, sangat sulit bagi tim lawan untuk mendobrak masuk. Lima pemain bertahan akan menjadi tembok bagi para penyerang. Pola inilah yang membuat juara Bertahan Malaysia tak bisa membobol gawang Singapura.

"Mereka sangat mementingkan lini pertahanan, bahkan ketika Malaysia hanya menaruh 1 striker pun 3 pemain belakang tetap menempel," katanya.

Selain transisi formasi yang luar biasa, Rahmad melanjutkan, Singapura memiliki pemain depan yang bisa berlari cepat. Sehingga permainan bertahan mereka akan sama bagus dengan ketika mereka melakukan serangan balik. "Mereka sangat fokus bertahan dan melakukan serangan balik, penyerangnya juga punya skill bagus," kata Rahmad.

Karena itu Rahmad meminta Patrich Wanggai dkk bermain hati-hati saat melawan Singapura nanti. Sedikit saja ada kecerobohan di lini belakang, kata Rahmad, "Pasti situasi akan berbeda."

Patrich Wanggai dkk menggasak Kamboja 6-0 Senin petang tadi. Kemenangan telak ini membuat Indonesia untuk sementara menduduki puncak Grup A Sea Games XXVI. Indonesia meraih tiga poin, sementara juara bertahan Malaysia hanya memperoleh poin 1 setelah ditahan imbang Singapura 0-0 ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar