Rabu, 18 Januari 2012

"APPI Pilih Netral Hadapi Konflik"

Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI) berharap rekonsiliasi cepat tercipta di PSSI. CEO APPI, Valentino Simanjuntak mengatakan bahwa para pemain-pemain yang ada dibawah naungan APPI sekarang ini berada dalam kondisi kebingungan.

Hal itu disebabkan adanya kisruh persepakbolaan nasional yang telah menyebabkan adanyaa dualisme kompetisi yakni Indonesian Premier League (IPL) yang berada dibawah naungan PSSI dan Indonesian Super League (ISL) yang dianggap kompetisi ilegal.

"PSSI mengatakan kembalilah ke IPL, kompetisi resmi PSSI yang diakui AFC dan FIFA. Sementara yang ISL mengatakan kalau kompetisi inilah yang benar. Untung kami mendapat pengertian dari Exco (Komite Eksekutf) PSSI yang tidak mempermasalahkan pemain kami bermain di ISL," ungkap Valentino

Terkait adanya agenda Kongres Luar Biasa (KLB) yang akan digelar oleh klub yang berkiprah di ISL dibawah naungan Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia (KPSI), Valentino mengatakan dirinya dan pemain-pemain yang ada di APPI tidak memperdulikanya.

"Kalau KLB kami tak punya urusan. Itukan agenda mereka. Kalau berbicara masalah hukum olahraga tidak perlu, itu terlalu jauh. Kami hanya ingin rekonsiliasi dulu. Tidak ada kata terlambat, negosiasi lebih tepat. Kalau rekonsiliasi tujuannya, kami akan sangat senang jika diikutkan dan kami berada ditengah tengah," selorohnya.

KLB, lanjut dia, hanya mengorbankan pemain, yang saat ini sedang dilanda kebingungan. Mereka tak tahu dan tak tentu arah dalam pengambilan sikap mengenai adanya dua kompetisi IPL dan ISL, sementara FIFA dalam suratnya kepada PSSI melarang pemain klub ISL bermain di tim nasional.

"Semua pemain bingung. Terkait ISL, kontrak semua pemain dan penyelesaiannya itu ada di PSSI, FIFA, dan AFC, tapi sementara ini kami tidak diakui. Kalau konflik, kita terus mau ke mana?" tutur Vallent.

Menurut Valentino, para pemain yang tergabung dalam APPI seperti Bambang Pamungkas dan Ponaryo Astaman juga telah mengatakan sikapnya, kalau mereka berdua tidak akan berada di satu pihak yang sedang berseteru saat ini ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar