Kamis, 19 Januari 2012

Andik Vermansyah Siap Kapteni Timnas U-21

Bola.net - Andik Vermansyah mengaku siap menjadi kapten Timnas U-21 yang dipersiapkan tampil pada turnamen Hasanah Bolkiah 2012 di Brunei Darussalam, 25 Februari hingga 5 Maret 2012.

Timnas U-21 saat ini sedang melaksanakan pemusatan latihan di Lapangan sepakbola kompleks Padepokan Bola Voli Sentul, Jawa Barat. Pelatih Garuda Muda,  Widodo C Putro sendiri yang memimpin latihan 25 pemain dari berbagai daerah di Indonesia yang bakal diciutkan menjadi 18 pemain.

Dalam turnamen yang digelar di Bandar Sri Begawan itu, Andik dan kawan-kawan akan berhadapan tujuh negara tetangga yaitu tuan rumah Brunei, Kamboja, Malaysia, Myanmar, Filipina, Timor Leste dan Vietnam.

Pemain Persebaya Surabaya, Andik yang menjadi salah satu bintang di SEA Games 2011 lalu mengaku siap apabila tim pelatih memberikan mandat kepadanya untuk memimpin TImnas U-21.

"Saya siap saja kalau memang ditunjuk," ujar Andik.

Namun, dirinya juga mengakui bahwa sejauh ini belum ada pembicaraan lebih lanjut mengenai hal tersebut.

"Tapi pelatih belum bicara apa-apa pada saya," tambahnya.

Sementara itu, Widodo C Putro dalam situs resmi Ligaprima mengaku mendapat kesan positif dari andik, pemain yang ikut mengantarkan tim Jatim meraih medali emas PON XVII Kaltim 2008 itu.

"Andik itu kan sudah mampu bermain bersama di timnas yang lebih senior, jadi berkat pengalamannya dalam waktu singkat dia sudah bisa menyatu," ujar Widodo.

Pelatih yang juga mantan arsitek Petrokimia Putra Gresik dan Persela Lamongan itu tak keberatan bila Andik tidak menetap bersama timnas selama pemusatan latihan.

"Selain itu saya juga takut pemusatan latihan dalam jangka waktu lama bisa membuat dia jadi jenuh. Karena itu kami perbolehkan Andik untuk kembali ke klubnya," kata Widodo.

"Yang penting, begitu ia dipanggil uji coba harus langsung datang. Minimal dua atau lima hari sebelum uji coba," tegasnya.

Widodo mengakui, peran Andik sangat krusial dalam tubuh Garuda Muda. Selain keterampilan yang mumpuni, kemampuan Andik yang mampu bermain di segala posisi menjadi nilai lebihnya.

"Dia bisa bermain sebagai penyerang, pemain sayap, maupun second striker. Utility player (pemain serba bisa) seperti ini sangat kami butuhkan dalam skuad," ulasnya.

Sebelum bertolak ke Brunei, Timnas U-21 rencananya menjalani empat laga uji coba melawan Timnas U-17, tim U-21 PSB Bogor, dan satu tim lagi yang belum ditentukan. Terakhir meladeni klub asal Korsel, Hyundai Ulsan, pada 9 atau 11 Februari 2012. (ant/end)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar