Kamis, 19 Januari 2012

Pelatih Timnas U-21: Andik Sudah Nyetel dengan Tim

Pelatih timnas Indonesia U-21, Widodo C. Putro, tak keberatan jika penyerang Persebaya Surabaya, Andik Vermansyah, tak menetap bersama timnas selama pemusatan latihan.

Jika dibandingkan dengan 24 rekannya yang lain, yang baru diseleksi dua pekan lalu, jam terbang pemain bertubuh mungil nan lincah itu memang sudah jauh di atas yang lainnya. Karena itu, Widodo tak mempermasalahkan jika Andik keluar-masuk pemusatan latihan. Terlebih, turnamen Hasanah Bolkiah 2012 yang akan dihelat 25 Februari hingga 5 Maret mendatang hanyalah even persahabatan delapan negara Asean.

Meski demikian, Andik saat ini tetap bergabung dalam pemusatan latihan di Jawa Barat. Pelatih langsung mendapat kesan positif dari punggawa timnas U-23 di SEA Games 2011 itu.

Menurut eks striker timnas itu, Andik tidak menjaga jarak dengan rekan-rekannya yang lebih junior. Sebaliknya, ia justru membuat tim lebih menyatu.

"Andik itu kan sudah mampu bermain bersama di timnas yang lebih senior, jadi berkat pengalamannya dalam waktu singkat dia sudah bisa nyetel (menyatu)," ujar Widodo ketika dihubungi, Kamis (19/1/2012).

"Selain itu saya juga takut pemusatan latihan dalam jangka waktu lama bisa membuat dia jadi jenuh. Karena itu kami perbolehkan dia untuk kembali ke klubnya," jelasnya.

Namun Widodo juga menegaskan dirinya sangat berharap kedatangan Andik pada agenda ujicoba yang sudah mereka jadwalkan untuk menyatukan visi dengan rekan lainnya di atas lapangan hijau.

"Yang penting begitu ia dipanggil ujicoba harus langsung datang. Minimal dua atau lima hari sebelum uji coba," sambung Widodo.

Peran Andik diakui Widodo akan menjadi sangat krusial dalam tubuh 'Garuda Muda' ini, selain skill yang mumpuni, Widodo terkesan dengan kemampuan Andik bermain di segala posisi.

"Dia bisa bermain sebagai penyerang, pemain sayap maupun second striker. Utility player (pemain serba bisa) seperti ini sangat kami butuhkan dalam skuad," tutur Widodo.

Di turnamen yang digelar di Bandar Sri Begawan akhir bulan depan itu, Andik cs akan berhadapan tujuh negara tetangga yaitu tuan rumah Brunei, Kamboja, Malaysia, Myanmar, Filippina, Timor-Leste dan Vietnam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar